Kamis, 10 Maret 2011

PANDUAN PROGRAM PENELUSURAN MINAT DAN POTENSI (PPMP) PADA UNIVERSITAS HALUOLEO TAHUN 2011 PENDAHULUAN

sumber UNIVERSITAS HALUOLEO (http://ppmp.unhalu.ac.id)

Proses penerimaan mahasiswa baru Unhalu tahun 2011 terdiri dari jalur Seleksi Nasional dan Seleksi Lokal. Jalur seleksi nasional disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingii Negeri (SNMPTN) terdiri dari dua kelompok, yaitu SNMPTN melalui Jalur Undangan dan SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan. Proses pendaftaran Jalur Undangan dilaksanakan 1 Februari - 12 Maret 2011 dan jalur Tes Tertulis/Keterampilan dilaksanakan pada 2 - 24 Mei 2011. Proses pendaftaran dan informasi lainnya tentang kedua jalur ini diatur dalam panduan tersendiri.
Uraian dalam panduan ini menjelaskan tentang penerimaan mahasiswa baru Unhalu melalui jalur Program Penelusuran Minat dan Potensi (PPMP). Program ini bertujuan untuk menjaring lulusan SMA/SMK/MA berprestasi di setiap sekolah di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara. Program ini disiapkan dengan quota jumlah calon mahasiswa baru yang diterima 40% setelah sejumlah 60% dialokasikan untuk calon mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi nasional (SNMPTN jalur tertulis/keterampilan dan jalur undangan).
Siswa berprestasi yang dimaksudkan dapat dilihat dari konsistensi nilai rapor siswa tersebut berada dalam 25% terbaik di kelasnya setiap semester, penilaian prestasi khusus dari guru atau kepala sekolah, dan prestasi lain yang menunjang dan bersesuaian dengan Program Studi (Prodi) yang dipilih. Kelulusan pada Prodi tertentu juga ditentukan oleh tingkat persaingan antar pelamar dalam satu Prodi tersebut. Oleh karena itu, peserta calon mahasiswa baru diharapkan memilih Prodi secara cermat dari maksimal tiga Prodi yang dipilih. Urutan pilihan Prodi berdasarkan prioritas minat pelamar dari yang paling utama. Harus juga diperhatikan bahwa ada Prodi tertentu yang mensyaratkan tidak boleh cacat tubuh atau ketunaan karena dapat menghambat kelancaran proses belajar dan penyelesaian tugas akademik.
Proses seleksi tahun 2011 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni pendaftaran sudah menggunakan teknologi informasi (pendaftaran on-line). Dibutuhkan peran Kepala Sekolah yang lebih aktif dalam mencari informasi dan menginput data profil sekolah, data lainnya serta urutan ranking siswa berprestasi tiap kelas secara online. Proses pembayaran biaya pendaftaran yang dilakukan oleh murid calon mahasiswa atau diwakilkan juga mesti dilakukan secara on-line pada Rekening Penerimaan Unhalu di Bank BNI 46 yang sistemnya sudah terkoneksi dengan website Unhalu (www.unhalu.ac.id). Pengisian data secara online ini diharapkan dapat memperluas jangkauan informasi, mempercepat proses pendaftaran, memudahkan pengorganisasian data pelamar, mempercepat proses seleksi, serta menjamin akuntabilitas dan transparansi prosesnya.
Pada tahun ini, di samping pengisian formulir secara online, seluruh formulir isian secara manual (Form 1 - Form 5) beserta seluruh berkas pendukungnya harus dikirimkan melalui pos atau diantar langsung ke:
Sekretariat Panitia Seleksi PPMP Unhalu tahun 2011
Kantor BAAK Unhalu
Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu
Jl. H. E. A. Mokodompit, Kendari
Telp. (0401) 3191424-3194925

Seluruh dokumen dalam panduan ini dikirim ke sekolah-sekolah di wilayah Sulawesi Tenggaar atau dapat di download dan dicetak melalui website Unhalu (www.unhalu.ac.id).
Bagi daerah-daerah yang belum memiliki fasilitas internet, pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan bantuan staf Panitia Seleksi PPMP Unhalu tahun 2011 pada help desk bertempat di Kantor BAAK Unhalu.
Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan secara online melalui Rekening Penerimaan Unhalu pada Bank BNI 46 Cabang Kendari. Pembayaran biaya pendaftaran ini merupakan syarat yang harus dilakukan agar calon pelamar tercatat pada database pelamar calon mahasiswa baru Unhalu. Pembayaran tersebut dapat dilakukan sendiri atau oleh pihak lain dengan memasukan data yang benar dan tepat.
Pengisian data siswa pada Website Unhalu dapat dilakukan sendiri atau diwakilkan kepada orang lain dengan catatan bahwa data yang diisi secara online harus tepat dan benar, serta sesuai dengan data yang diisi pada formulir yang tersedia (Form 1 - Form 5).
Kami harapkan, Kepala Sekolah dan murid membaca panduan ini dengan teliti dan hati-hati serta mengikuti prosesnya secara berurutan. Harus dipastikan bahwa seluruh dokumen/formulir pendaftaran dan dokumen penunjang yang dibutuhkan sudah tersedia. Seluruh dokumen yang disertakan benar-benar tepat dan valid untuk menjelaskan kemampuan dan kualitas calon peserta PPMP. Alur pendaftaran mahasiswa baru PPMP Unhalu tahun 2011 ini secara keseluruan dapat dilihat pada Gambar 1.
JADWAL KEGIATAN
  1. Biaya pendaftaran dapat ditransfer pada Rekening Penerimaan Unhalu Nomor 190819815 Bank BNI 46 Cabang Kendari, mulai tanggal 1 Februari sampai dengan 29 April 2011
  2. Berkas lamaran siswa sudah harus diterima oleh Panitia Seleksi PPMP paling lambat tanggal 6 Mei 2011.
  3. Proses seleksi berkas peserta PPMP dilaksanakan mulai tanggal 14 Februari sampai 4 Juli 2011.
  4. Peserta yang diterima atau lulus seleksi akan diumumkan melalui Website Unhalu pada tanggal 4 Juli 2011 dan surat panggilan disampaikan melalui Kepala Sekolah yang bersangkutan pada tanggal 4 - 11 Juli 2011.
  5. Pendaftaran ulang bagi peserta yang lulus dilakukan pada tanggal 4 - 22 Juli 2011.
SYARAT-SYARAT PESERTA
Siswa yang dapat mengikuti PPMP adalah siswa kelas 12 SLTA dari seluruh wilayah Sulawesi Tenggara dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Syarat Akademik:
  1. Masuk dalam peringkat terbaik di kelas pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi dan jenis kelas di suatu sekolah:
    1. Akreditasi A, kelas akselerasi: 100% terbaik
    2. Akreditasi A, kelas RSBI/Unggulan: 75% terbaik
    3. Akreditasi A, kelas reguler: 50% terbaik
    4. Akreditasi B dan C, kelas reguler: 25% terbaik
    Data tersebut harus diisi oleh Kepala Sekolah di website Unhalu dan bukti fisik berupa peringkat siswa lengkap dengan urutan nilainya (Formulir 4a, 4b dan 4c) tersebut harus dikirim ke alamat Sekretariat PPMP Unhalu.
  2. Calon peserta tidak pernah tinggal kelas.
  3. Direkomendasikan oleh Kepala Sekolah siswa bersangkutan.
  4. Program studi pilihannya harus sesuai dan relevan dengan jurusannya di SLTA
  5. Lulus Ujian Nasional Tahun 2011 Syarat Administrasi
Syarat Administrasi :
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI 46 secara online sebesar Rp 175.000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah). Biaya yang telah ditransfer tidak dapat ditarik kembali meski calon peserta batal melengkapi berkas pendaftaran.
  2. Mengisi formulir secara online (www.unhalu.ac.id) dan mengirimkan bukti fisik sesuai dengan data yang diisi secara online. Data fisik tersebut harus ditandatangani sesuai dengan format yang tersedia.
  3. Format yang harus diisi dan dikirim bukti fisiknya adalah:
    - Formulir 1 : Data pribadi pelamar.
    - Formulir 2 : Rekomendasi Kepala Sekolah yang bersifat rahasia yakni dimasukkan dalam amplop dan disegel dengan tanda tangan.
    - Formulir 3 : Daftar usulan pelamar dalam satu kelas
    - Formulir 4a-4c: Daftar peserta terbaik (sesuai syarat akademik) setiap kelas untuk semester 3 - 5
    - Formulir 5 : Pernyataan Siswa.
  4. Melampirkan photo copy rapor semester 3 sampai semester 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  5. Surat lamaran beserta lampirannya dikirim secara kolektif (tidak perorangan) oleh Kepala Sekolah dan ditujukan kepada: Rektor Universitas Haluoleo
    u.p. Sekretariat Panitia PPMP Tahun 2011
    Kantor Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unhalu
    Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu
    Jl. H. E. A. Mokodompit, Kendari
    Telp. (0401) 3191424-3194925
  6. Peserta yang diterima atau dinyatakan lulus seleksi akan diumumkan melalui Website Unhalu pada tanggal 4 Juli 2011 atau disampaikan melalui surat panggilan yang dialamatkan kepada Kepala Sekolah yang bersangkutan pada tanggal 4 - 11 Juli 2011.
  7. Peserta yang diterima atau telah dinyatakan lulus dalam proses seleksi PPMP tahun 2011 harus mendaftar ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan membayar komponen-komponen biaya sebagai berikut:
    a. Biaya pendaftaran ulang sebesar Rp 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
    b. Biaya peningkatan kualitas pendidikan berdasarkan Program Studi:
      (1) Pendidikan Dokter: Rp 100.000.000 *)
      (2) Farmasi: Rp 10.000.000
      (3) Kesehatan Masyarakat : Rp 5.000.000
      (4) Akuntansi: Rp 5.000.000
      (5) Teknik Informatika (S1): Rp 5.000.000
      (6) Teknik Arsitektur (S1): Rp 5.000.000
      (7) Teknik Sipil (S1) : Rp 2.500.000
      (8) Teknik Mesin (S1) : Rp 2.500.000
      (9) Teknik Elektro (S1) : Rp 2.500.000
      (10) Program D3 Fakultas Teknik: Rp 2.000.000
      (11) Program Studi selain yang tertulis pada butir (1) sampai (0): Rp 1.000.000
    Biaya-biaya yang disebutkan di atas sesuai dengan Program Studi dibayar di Rekening Penerimaan Unhalu di Bank BNI 46 Cabang Kendari. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali jika peserta mengundurkan diri.
  8. Calon mahasiswa yang telah lulus seleksi tetapi tidak setuju dengan pembiayaan pada butir 7 dianggap mengundurkan diri.
    * Khusus untuk Pendidikan Dokter, biaya tersebut adalah biaya minimal. Calon mahasiswa yang diterima dapat membayar lebih dari biaya tersebut sesuai dengan kesanggupannya.
  9. Setelah keseluruhan syarat pendaftaran ulang sebagai calon mahasiswa baru dipenuhi, selanjutnya calon mahasiswa tersebut diwajibkan membayar komponen biaya lainnya yaitu biaya SPP, Dana Almamater, dan dana lainnya yang nilai dan waktunya ditetapkan kemudian berdasarkan SK Rektor Unhalu.
  10. Setelah resmi diterima sebagai mahasiswa Unhalu, maka mahasiswa tersebut:
      a. Mematuhi peraturan akademik dan peraturan lainnya yang berlaku di Unhalu.
      b. Disiplin agar mampu menyelesaikan studinya dalam waktu yang singkat.
      c. Menunjukkan prestasi akademik yang baik dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) dan indeks prestasi semester (IPS) minimal 2,50.
PILIHAN PROGRAM STUDI
Siswa dipersilahkan untuk memilih maksimal 3 Prodi yang disusun berdasarkan priortitas. Nama-nama Prodi dan persyaratan jurusan pada Prodi tertentu di Unhalu dapat dilihat pada lampiran terakhir panduan ini. Siswa harus cermat memilih Prodi tersebut karena kelulusan siswa di Prodi yang bersangkutan sangat ditentukan oleh 2 faktor, (1) tingkat persaingan yang melamar di Prodi tertentu, dan (2) relevansi jurusan siswa di SLTA asalnya dengan Prodi yang dipilih. Formulir pilihan Prodi disajikan pada Form-1.
PROSEDUR PENDAFTARAN
Keseluruhan proses seleksi PPMP mengikuti Prosedur Operasional Standar (POS) seleksi PPMP Unhalu tahun 2011 yang terdiri dari 8 tahapan (Gambar 1), yaitu:
  1. Kepala Sekolah membaca dengan seksama petunjuk pendaftaran PPMP 2011 baik melalui buku panduan ini maupun melalui website Unhalu (www.unhalu.ac.id).
  2. Kepala Sekolah mengisi profil sekolah dan profil Kepala Sekolah untuk mendapatkan usernamedan password.
  3. Kepala Sekolah memasukkan data kelas XII beserta paralelnya dengan jumlah siswa yang ada pada masing-masing kelas.
  4. Kepala Sekolah memasukkan nama-nama siswa berprestasi terbaik (seperti yang tercantum dalam syarat akademik peserta) di setiap kelas setiap semester (semester 3 - 5) sesuai dengan format yang tersedia. Bukti fisik tentang daftar siswa berprestasi terbaik tersebut disiapkan pada Form 4a - 4c.
  5. Kepala Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan password kepada siswa-siswa yang telah di daftar tersebut. Nomor dan password tersebut dihasilkan oleh sistem setelah Kepala Sekolah berhasil menyelesaikan seluruh isian secara online.
  6. Bagi siswa yang mau melamar PPMP dipersilahkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) melalui Nomor Rekening Penerimaan Unhalu: 190819815 pada Bank BNI 46 Cabang Kendari. Pembayaran dilakukan secara online di Kantor Bank BNI 46 terdekat, dengan menunjukan nomor pendaftaran yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada tahap ke-5 di atas sebagai identitas siswa untuk dicocokkan dengan data pelamar yang dimasukkan oleh Kepala Sekolah.
  7. Setelah melakukan pembayaran, siswa tersebut mendapat nomor PIN dari Bank BNI 46. Selanjutnya nomor PIN tersebut digunakan untuk mengakses website Unhalu (www.uhalu.ac.id) dan selanjutnya mengisi formulir pendaftaran di website tersebut secara online. Bukti fisik berupa formulir pendaftaran (Form 1 - Form 5) yang terdapat dalam Panduan PPMP ini atau dapat juga diperoleh dengan menggugah (download) formulir tersebut melalui website Unhalu. Seluruh formulir harus dicetak atau digandakan pada kertas ukuran A4 dan diisi secara manual, kemudian dikirimkan melalui pos ke Sekretariat Panitia PPMP Unhalu tahun 2011.
    Untuk kasus daerah yang tidak memungkinkan mendaftar melalui koneksi internet, dapat menuju kota terdekat yang sudah mempunyai fasilitas internet atau mendaftar langsung di help desk Sekretariat Panitia PPMP Unhalu Tahun 2011 di Kantor BAAK Unhalu. Proses pendaftaran di help desk tersebut dapat juga diwakilkan sepanjang orang tersebut mempunyai data valid dan benar dari sekolah yang memberi rekomendasi. Orang yang mewakili tersebut harus dilengkapi dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah yang menugaskan dan disertai dengan identitas diri yang sesuai.
Setelah proses pendaftaran online berhasil dilakukan maka siswa pelamar dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran Peserta PPMP. Siswa pelamar resmi terdaftar sebagai peserta PPMP Unhalu tahun 2011 dan Panitia PPMP Unhalu tahun 2011 telah menerima seluruh kelengkapan yang dipersyaratkan.

Gambar 1. Prosedur operasional standar penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PPMP 2011
CARA PENGIRIMAN BERKAS LAMARAN
Tugas Pelamar/Siswa
  1. Berkas lamaran yang terdiri Form 1 dan Form 5 beserta lampirannya, disatukan menjadi satu kesatuan.
  2. Berkas pada butir 1 dimasukkan dalam map berwana sesuai dengan jurusan pelamar di SMA atau SMK masing-masing, yaitu:
    1. Warna HIJAU untuk Jurusan IPA
    2. Warna KUNING untuk Jurusan IPS
    3. Warna BIRU untuk Jurusan Bahasa
    4. Warna MERAH JAMBU untuk siswa Kejuruan
  3. Pada sampul luar map ditempelkan kode PL (PELAMAR)
  4. Map tersebut kemudian diserakan kepada Kepala Sekolah.
Tugas Kepala Sekolah:
  1. Berkas informasi sekolah (Form 2, Form 3, Form 4a-c) dimasukkan ke dalam map warna MERAH, dan dibagian luarnya ditempel dengan kode DS (DATA SEKOLAH)
  2. Map yang berkode PL disatukan dengan map yang berkode DS, kemudian dibungkus dalam suatu bungkusan yang tahan air.
  3. Bungkusan tersebut dikirimkan ke alamat seperti yang dijelaskan sebelumnya dan sudah harus diterima panitia paling lambat tanggal 6 Mei 2011.
  4. Berkas lamaran bisa diantar langsung ke sekretariat panitia.

SURAT PANGGILAN
  1. Pelamar yang dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa Unhalu melalui jalur PPMP ini akan dikirimkan surat panggilan pendaftaran ulang.
  2. Daftar calon mahasiswa yang diterima/lulus tersebut dialamatkan kepada Kepala Sekolah masing-masing. Oleh sebab itu pengumumannya dapat dilihat di sekolah masing-masing.
KETENTUAN DALAM PENDAFTARAN ULANG
Pendaftaran ulang dapat dilakukan sesuai jadwal yang disampaikan dalam surat panggilan pada hari dan jam kerja. Calon mahasiswa dalam pendaftaran ulang di sekretariat Panitia PPMP Unhalu tahun 2011 harus memenuhi ketentuan sebagai beriku:
  1. Menyerahkan surat panggilan asli dari Rektor Unhalu yang sudah ditempelkan dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm dan dicap dengan stempel sekolah. Peserta tidak dapat diwakilkan dengan alasan apapun.
  2. Menyerahkan foto kopi STK dan STTB (surat keterangan lulus dari sekolah) tahun 2011 yang disyahkan.
  3. Memperlihatkan rapor SMA/SMK/MA/MAK, STK, dan STTB tahun 2011 asli.
  4. Peserta yang tidak melapor/mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditetapkan dianggap mengundurkan diri.
  5. Peserta yang mendaftar ulang akan memperoleh penjelasan tentang kegiatan-kegiatan akademik selanjutnya.
  6. Peserta yang dipanggil untuk mengikuti uji keterampilan atau tes khusus (Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi) diharuskan membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,-. Waktu pelaksanaannya akan ditentukan kemudian. Peserta yang tidak mengikuti proses tersebut dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa Unhalu.

Kendari, Januari 2011
An. Rektor
Pembantu Rektor I,


Prof. Ir. H. La Sara, M.S., PhD
NIP. 19600422 198703 1 003

Tidak ada komentar: